Selasa, 24 Agustus 2010

bondan for all.......


Ya Sudahlah ini adalah lagu yang selalu menyita telinga saya sejak akhir Juni lalu, lagu luar biasa yang lirik dan aransemennya memberi semangat, sebuah lagu hits dari album terbaru Kang Bondan Prakoso bersama Fade 2 Black. Lagu yang menurut saya terbaik sepanjang 2010 ini. Setidaknya itu bagi saya, diatas lagu Geisha Jika Cinta Dia yang juga sempat mencuri perhatian saya tahun ini karena vokalnya yang bagus.

Tadinya saya tidak berencana mereviewnya di blog ini, karena sudah mereviewnya di blog bahasa inggris saya yang lain di pada tengah Juli lalu  : lihat -> For All : New Album from Bondan Prakoso & Fade 2 Black – Tapi memang ya sudahlah saya nyerah juga, Album ini memang terlalu luar biasa untuk tidak direview di blog ini. Terlebih ketika Lagu Ya Sudahlah menjadi themes song Iklan XL di bulan puasa ini yang membuat lagu ini menjadi lebih sering saya dengarkan ketika nonton TV.
Album For All sendiri bagi saya merupakan album penanda semakin matangnya Bondan Prakoso, bersama Fade 2 Black ia layak disejajarkan dengan musisi top tanah air walau mungkin dibawah band idola saya Slank, Boomerang, Pas Band dan Gigi. Bondan menjadi musisi sejati yang terus bereksplorasi, dan bahkan melawan pasar, menjadi musik sebagai musik.
Dengan umur yang jauh lebih muda (26 tahun), terutama dari Slank, khususnya Bondan saya yakin bisa jadi legend jika kedepannya terus konsisten berkarya seperti album ini dan album-albumnya sebelumnya termasuk saat diusia kecilnya yang menelorkan 8 buah album anak-anak (1988-1995), 3 Album bersama Fungky Kopral (1999-2003), serta kini bersama tiga rapper : Titz, Santoz, dan Lezzano (Fade 2 Black) yang hingga kini sudah menghasilkan 3 album : Respect (2005), Unity (2007) dan For All (2010).
Bondan Prakoso dan Fade 2 Black khususnya pada Album For All yang sama sekali tidak ikut larut daalam tema cinta telah memberikan warna lain ditengah keseragaman warna musik Indonesia yang kini tengah ‘dikuasai’ oleh generasi cintaisme ala Ungu, Ahmad Dhani, Nidji, Kangen Band, ST12 dkk.
Ya, eksplorasi dan terus berkembang itulah yag membuat saya suka dengan karya Bondan dan Fade 2 Black, setelah awalnya Ia muncul menggebrak dengan single Bunga lalu disusul dengan Keroncong Protol dan Xpresikan, kini di Album For All  ini dia menampilkan banyak warna musik yang lebih bervariatif, ada yang super ngerapp, penuh distorsi, akustik, bahkan ada juga yang berbau ska.
Berikut adalah lagu-lagu dalam Album For All : Ya Sudahlah, Good Time, Tetap Semangat, Sang Juara, Bumi ke Langit, Not With Me, S.O.S, For All, Terinjak Terhempas, Kita Slamanya, Tidurlah.
Saya menyukai semua lagu diatas, namun secara subjektif yang paling saya suka diantaranya adalah Ya Sudahlah, Bumi ke Langit, Sang Juara dan SOS, Dan Berikut adalah lirik lagu andalan di album For All ini : Ya Sudahlah, untuk download lagu di album ini,


http://www.ziddu.com/download/11367461/bondanforall.zip.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar